Warga Kampung Pesisir Gelar Edukasi, Fitrah Malik Minta Ada Perlakuan Khusus Diwilayah Panjunan

0
9

Koran1.id, Kota Cirebon.- Pasca ditemukan Cluster positif covid-19 baru, wilayah Pesisir Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Saat ini masuk kedalam Zona Merah covid-19. Ditambah lagi dari hasil rapid tes yang digelar bebrapa hari yang lalu, terdapat 8 orang reaktif virus.

Hal tersebut mendorong masyarakat di dua RW yakni RW 01 Pesisir Selatan dan RW 10 Pesisir Utara Kelurahan Panjunan menggagas untuk memerikan edukasi kepada warga lainnya dalam hal menjaga pola hidup sehat dan bersih.

Dengan tema “Gotong Royong Lawan Covid-19” ini, dihadiri oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Cirebon Kepala Puskesmas Panjunan, Lurah Panjunan, dan juga Anggota DPRD Kota Cirebon Fitrah Malik.

Dalam kesempatan itu, Fitrah Malik yang juga sebagai warga Pesisir ini mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama turut serta dalam memutus mata rantai penularan covid-19 ini.

Dirinya juga menekankan kepada masyarakat, agar tidak memberikan stigma negatif kepada warga yang telah dinyatakan positif terpapar virus corona.

“Kita disini tujuannya untuk menggugah kesadaran dari masyarakat terkait covid-19 ini, jadi tidak bisa dianggap enteng. Masyarakat sampai saat ini masih belum disiplin, contohnya menggunakan masker, dan sering melakukan cuci tangan,” ujar Fitrah usai mengikuti kegiatan edukasi yang digelar di RW 10 Pesisir Utara Kelurahan Panjunan, Minggu (7/6).

Fitrah menambahkan, dari 166 warga yang dilakukan Rapid Tes terdapat 8 warga yang reaktif virus, tentunya hal ini merupakan kejadian yang luar biasa.

“Mungkin ini tertinggi di Kota Cirebon, 166 orang yang dirapid, 8 orang reaktif ini sudah luar biasa,” ungkap Fitrah.

Untuk itu Fitrah meminta kepada Pemerintah Daerah Kota Cirebon khususnya Gugus Tugas agar memberikan perlakuan khusus kepada wilayah Pesisir umumnya Panjunan. Bahkan dirinya meminta juga kepada Gubernur Jawa Barat untuk turun meninjau lokasi, melihat kondisi yang dihadapi warga kampung Pesisir.

“Wilayah Pesisir Kota Cirebon termasuk wilayah yang padat penduduk. Ada sekitar 4500an orang dewasa di wilayah ini,” jelas Fitrah.

Sementara itu ditempat yang sama, Lurah Panjunan Didi Cardi menyambut baik kegiatan yang digagas oleh warga sendiri. Ini membuktikan akan adanya kesadaran dari warga khususnya pengurus RW masing-masing untuk memberikan edukasi dan gotong royong.

“Tentunya saya merasa senang yah dengan gagasan ini, dan bagi yang mengikuti kegiatan ini bisa mengetok tularkan kepada warga lainnya,” kata Didi.

Didi juga berharap, kepada seluruh warga Kampung Pesisir agar tidak perlu takut dan panik. Dan diharapkan juga, untuk warga yang belum dilakukan tes rapid agar bisa mengikuti Rapid tes yang akan dilaksanakan Rabu (10/6).

“Kemarin saja dari target 200 orang yang ikut (rapid) hanya 166, jadi saya harap pada saat rapid tes besok bisa ikut semua sesuai dengan target yang ditentukan,” tandas Didi. (moes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here