Krisis APD Tenaga Medis, YANU Bersama IWO Bantu Penuhi Kebutuha APD

0
2

Koran1.id, Kota Cirebon – Rumah Sakit Daerah Gunung Jati secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya sangat membutuhkan donasi APD untuk para tenaga medis dan paramedis RSD Gunung Jati Cirebon. Hal tersebut disebabkan karena RS saat ini mengalami krisis alat Pelindung Diri (APD).

Berangkat dari rasa empati dan keprihatinan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid 19, sejumlah wartawan yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) Cirebon turut menyumbangkan sejumlah APD ke Rumah Sakit Daerah Gunung Jati, Kamis (26/3).

Bekerja sama dengan Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta, IWO Cirebon menyerahkan sejumlah APD yang dibutuhkan saat ini. Adapun yang diserahkan berupa, Masker, Handsanitizer, Head Cup, Sarung tangan biasa, Sarung tangan bedah panjang, kacamata Googles.

RSD Gunung Jati yang Kasubag Humas Arif Wibawa mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih atas donasi yang diberikan. Saat ini memang sedang membutuhkan APD dan juga Multivitamin untuk tenaga medis.

“Terimakasih kepada Yanu dan IWO atas sumbangsihnya untuk kami, pastinya bantuan ini sangat berarti bagi kami para tenaga medis yang saat ini sedang berjuang melawan virus covid 19” ucap Arif.

Masih dikatakan Arif, saat ini Rumah Sakit Gunung Jati sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien Corona selain membutuhkan APD, para tenaga medis juga membutuhkan Vitamin sebagai daya tahan tubuh bagi para perawat dan juga dokter.

“Beberapa Multivitamin juga kita butuhkan, seperti Imbost, Vitamin C atau Vitamin E juga diperbolehkan untuk para tenaga medis” tutur arif.

Ketua Umum YANU Jakarta, Immylia Limardo Effendy menuturkan, melihat perkembangan virus covid 19 yang begitu masif, maka perlu adanya suport untuk tenaga medis yang sedang berjuang menghadapi virus corona di Indonesia.

“Selain di Cirebon, kami juga memberikan bantuan di sejumlah daerah di Indonesia. Diantaranya, Makasar, Palembang, Jambi, dan Malang,” ujarnya.

Namun Immylia merasa perihatin dengan kondisi langkanya APD disejumlah toko alat kesehatan, pihaknya sudah mencaru ke sejumlah Daerah, tapi jumlahnya hanya terbatas. Khusus untuk masker, selain harganya melambung tinggi tetapi barangnya pun tidak ada.

“Ya mau bagaimana lagi, karena barangnya tidak ada, jadi sedapatnya saja. Tapi yang penting itu semua bisa bermanfaat dan bisa digunakan oleh tenaga medis” ungkapnya.

Disaat bersamaan Ketua IWO Cirebon, Muslimin menegaskan, saat ini tim dokter dan perawat dibeberapa RS kekurangan APD, khususnya di RSUD Gunung Jati Cirebon yang menjadi rujukan bagi pasien yang terpapar virus Covid – 19.

“Saat ini kami bersama YANU Jakarta, mengumpulkan APD, dan memberikan ke garda terdepan yang menangani pasie virus Covid-19, karena mereka sekarang sedang kesulitan atau kekurangan APD,” papar Muslimin.

Kemungkinan, lanjut Muslimin, besok akan menyusul kembali bantuan dari YANU Jakarta dan IWO Cirebon berupa mulitivitamin yang memang dibutuhkan oleh tenaga medis dan para medis untuk menguatkan daya tahan tubuh. (moes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here