FKPPI Kota Cirebon Gelar Refleksi Dalam Peringatan Harlah Pancasila

0
7

Koran1.id, Kota Cirebon.- Momen peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap Tanggal 1 Juni, Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI), memberikan pandangan bahwa Pancasila merupakan sebuah ideologi yang sudah harga mati bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketua FKPPI Kota Cirebon Danny Jaelani mengatakan, dirinya mengajak kepada lapisan masyarakat agar bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut diungkapkannya saat peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Negara Cirebon, Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Senin (1/5).

“Kita memperkuat kembali bahwa ideologi Pancasila merupakan harga mati,” jelasnya.

Dalam sejarahnya, lanjutnya, Pancasila merupakan suatu dasar negara Republik Indonesia yang harus bisa dipahami oleh semua warga negara. Pancasila adalah ideologi yang tidak akan bisa diubah dengan cara apapun.

Untuk itu, lanjutnya, sebagai dasar negara, maka Pancasila bisa diterapkan di berbagai lembaga, baik lembagai kenegaraan, kebangsaan, maupun masyarakat.

“Mari kita wujudkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Sementara menurut Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur seperti makna keimanan dan gotong royong. Untuk itu, dalam peringatan Hari Lahirnya Pancasila Ini, dirinya mengajak kepada masyarakat untuk bisa memahami dan mengamalkan Pancasila.

“Semoga kita bisa merefleksikan nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya. (moes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here