DLH Kota Cirebon Pastikan Pelayanan Perizinan Lingkungan Gratis

0
19

Koran1.id, Kota Cirebon.- Sebagai Kantor yang membidangi persoalan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon tentunya memberikan pelayanan publik terkait dengan persoalan Izin-izin yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup.

Dengan adanya pelayanan tersebut, tidak jarang juga masyarakat yang beranggapan bahwa untuk memperoleh Izin tersebut harus merogoh kocek yang cukup besar. Bahkan ada juga oknum, baik itu oknum pegawai ataupun oknum dari luar yang memanfaatkan para pemohon izin lingkungan dengan memasang harga tinggi untuk bisa mendapatkan Izin dari Dinas Lingkungan Hidup.

Atas hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup drs. H RM Abdullah Syukur M. Si menegaskan, pelayanan perizinan yang dikeluarkan oleh Kantornya semuanya tidak dipungut biaya alias gratis. Dirinya mengatakan, sesuai dengan ketetapan bahwa semua proses perizinan tidak dikenakan biaya Retribusi.

“Kalau ada pegawai kami (DLH) atau oknum lain yang mematok harga untuk perizinan maka segera laporkan kepada kami. Nantinya kita akan segera tindak lanjuti, karena semuanya gratis,” kata Syukur.

Sejak Januari 2020 yang lalu, DLH Kota Cirebon telah membentuk Sentra Pelayanan Lingkungan Hidup. Bagi pemohon yang akan mengajukan permohonan izin lingkungan, baik itu izin pengolahan Limbah B3, Limbah Cair ataupun Rekomendasi Lingkungan seperti , SPPL, UKLUPL, dan juga Amdal semuanya gratis.

“Terkecuali hal-hal yang bersifat teknis, seperti kajian atau uji lingkungan itu tentunya melibatkan konsultan. Itupun kita tidak menyediakan atau mewajibkan pemohon untuk menggunakan jasa konsultan yang kita tunjuk, jadi silahkan saja pemohon cari konsultanya sendiri kita tidak paksakan,” ujar Syukur.

Untuk itu Syukur berharap, peran serta dari masyarakat untuk ikut mengawasi pelayanan yang pihaknya berikan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Apabila ada oknum yang mengatasnamakan Dinas Lingkungan Hidup maka segera laporkan kepada kami lewat kotak pengaduan atau bisa menghubungi saya langsung untuk nantinya kita lakukan tindakan,” tegas Syukur.

Syukur menjamin, dengan digratiskannya semua pelayanan perizinan, pihaknya tidak akan mempersulit pemohon selama Dokumen yang diajukan tersebut lengkap dan dinyatakan memenuhi syarat. (moes/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here