Ditemukan Dugaan Fosil Embrio 609 Juta Tahun

0
81

Koran1, AMERIKA,- Telah ditemukan fosil embrio berupa butiran pasir kecil yang disebut dengan Caveasphaera di Tiongkok. Fosil yang diduga berasal dari 609 juta tahun lalu, diklaim sebagai fosil embrio tertua.

Seperti dikutip dari The New York Times, ahli paleontologi telah mencari fosil yang mungkin menjelaskan bagaimana tubuh hewan berevolusi ke arah yang berbeda. Pencarian telah menemukan fosil milik banyak garis keturunan hewan yang hidup dan mencapai kembali 542 juta tahun lalu.

Peneliti fosil tersebut berasumsi bahwa sisa-sisa fosil tersebut merupakan embrio hewan purba setelah disinari dengan sinar X berkekuatan tinggi untuk membuat gambar tiga dimensi sel.

Peneliti dari Universitas Harvard, Andrew Knoll, menduga fosil embrio tersebut berasal dari binatang. Ia mengatakan hal kontroversial itu dapat menjadi lanjutan studi tentang asal usul hewan. Apalagi fosil hewan purba jarang dan sulit dibedakan dari spesies lain.

Hewan sangat berbeda dari kerabat bukan hewan terdekat yang hidup, yang sebagian besar hidup di air sebagai protozoa sel tunggal. Beberapa menyebabkan penyakit pada ikan. Meskipun beberapa berkumpul di kolon, tidak ada yang mengembangkan tubuh.

Seperti dikutip dari The New York Times, ahli paleontologi telah mencari fosil yang mungkin menjelaskan bagaimana tubuh hewan berevolusi ke arah yang berbeda. Pencarian telah menemukan fosil milik banyak garis keturunan hewan yang hidup dan mencapai kembali 542 juta tahun lalu. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here