Deteksi Dini Gangguan Jantung Para Prajurit, Denkesyah Cirebon Gelar Pemeriksaan EKG

0
12

Koran1.id, Kota Cirebon.- Dalam rangka menjaga kesehatan jantung personil TNI-AD, Denkesyah 03.04.03 Cirebon melaksanakan safari pemeriksaan EKG (Elektrokardiogram) di Aula Makodim 0614/Kota Cirebon, Senin (10/8)

Kegiatan safari EKG dipimpin Pasiminkes Denkesyah Cirebon Kapten Ckm Mulyana dengan 3 orang anggota serta diikuti 31 orang perwakilan Prajurit dan PNS Kodim 0614/Kota Cirebon.

Dandenkesyah 03.04.03 Cirebon Letkol Ckm Wildan Sani, Sp.U yang meninjau kegiatan tersebut menyampaikan, Safari EKG merupakan kegiatan non program sebagai bentuk tindak lanjut perintah dari pimpinan bahwa Denkesyah harus pro aktif dalam memberikan dukungan dan pelayanan termasuk pemeriksaan kesehatan jantung.

Masih kata Dandenkesyah, Safari akan dilakukan di seluruh Kodim serta Disjan jajaran Korem 063/SGJ dengan pertimbangan pada tahun 2020 semester I angka penyakit jantung diwilayah Korem 063/SGJ cukup tinggi dibanding Korem lainya.

“Sehingga perlu langkah untuk mengurangi angka penderita penyakit jantung bahkan beberapa kejadian sampai meninggal salah satunya dengan kegiatan screening jantung pada hari ini,” ujarnya.

Pemeriksaan EKG dilakukan kepada anggota yang usianya diatas 40, memiliki riwayat penyakit kronis atau yang sudah didianogsa memiliki kelainan jantung.

“Hasil screening akan dikonsultasikan kepada dokter spesialis jantung RST Ciremai dan apabila ditemukan anggota yang mengalami kelainan jantung akan dilanjutkan dengan pemeriksaan lebih mendalam,” terangnya.

Sementara itu Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Herry Indriyanto melalui Kasdim Mayor Inf Tatang Basujata mendukung kegiatan safari EKG guna mendeteksi sedini mungkin berbagai kemungkinan gangguan jantung dan mencegah kerugian personil yang disebabkan oleh meninggalnya Prajurit akibat serangan jantung secara mendadak.

“Kesehatan prajurit merupakan modal utama dalam melaksanakan tugas,” tandasnya. (moes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here