Berikan Bantuan Pagar Masjid Al-Jabbar, KPw BI Cirebon Tidak Layani Penukaran Uang Diluar Kantor

0
6

Koran1.id, Cirebon.- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon memberikan bantuan pemagaran di Arel sekitar Masjid Al-Jabbar Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, bantuan tersebut diberikan Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Dalam kunjungannya, seusai melaksanakan Shala Ashar Berjamaah di Masjid Al-Jabbar, Kepala KPw BI Cirebon Bakti Artanta mengatakan, bantuan ini diberikan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para Jamaah Masjid dan juga kepada para pengurus DKM lainya.

Terlebih saat ini sedang menghadapi pandemi wabah covid-19, pagar tersebut dirasa sangat tepat karena bisa membatasi keluar masuk para jamaah Masjid.

“Alhamdulillah bantuan pagar ini bisa cepat terealisasi, apalagi ini sedang ada wabah covid-19 jadi tepat sekali adanya pagar disekeliling Masjid,” ujar Bakti kepada FC usai melakukan Shalat Ashar berjamaah di Masjid Al-Jabbar Plumbon Kabupaten Cirebon, Rabu (13/5).

Ditambahkan oleh Bakti, dirinya merasa puas dengan pembangunan pagar sekitar Masjid, pasalnya pembangunan ini dirasa sangat cepat, karena hanya dengan waktu kurang lebih 30 Hari pembangunan pagar sudah selesai.

“Melalui PSBI, kami akan terus memberikan bantuan ke tempat Ibadah lainya yang ada di wiliayah 3 Cirebon. Baik itu Masjid ataupun tempat ibadah lainnya,” ungkap Bakti.

Saat ditanya mengenai masih adanya penukaran uang tunai saat menjelang hari raya Idul Fitri Tahun ini. Bakti menjelaskan, untuk Tahun ini, pihaknya tidak menyediakan layanan penukaran uang seperti tahun sebelumnya. Hal ini dimaksudkan guna mencegah penularan Covid19.

“Penukaran uang pecahan kecil lebaran di kas luar kantor ditiadakan, karena alasan keamanan dan perlindungan dari wabah Covid19,” jelas Bakti.

Namun masyarakat yang masih membutuhkan uang pecahan masih dapat melakukan penukaran di loket perbankan, BI sudah berkordinasi dengan semua perbankan mana yang akan melayani. Tetapi tentunya harus tetap mengedepankan protokol penanganan covid-19 dari Pemerintah.

“Kami sudah sediakan dana total sekitar Rp7 Triliun. Ada yang uang cetak sempurna, uang layak edar khususnya untuk ATM, dan uang cetak sempurna untuk UPK-UPK penukaran maka kami sediakan,” katanya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua DKM Al-Jabbar Satori mengucapkan banyak terima kasih kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang telah merespon cepat pengajuan permohonan pembuatan pagar yang DKM ajukan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada KPw BI Cirebon, proposal kami direspon dengan cepat dan direalisasikan dengan cepat juga,” terangnya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya pagar yang mengelilingi Masjid ditengah covid-19, akan lebih mudah untuk melakukan sterilisasi kepada para Jamaah Masjid. (moes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here