Bea Cukai Sosialisasikan Layanan Kepabeanan Kegiatan Ekspor Melalui PLB

0
66
KOTA CIREBON.- Bea dan Cukai Cirebon gelar Sosialisasi Layanan Kepabeanan atas Kegiatan Ekspor melalui (PLB) Pusat Logistik Berikat untuk pelaku eksportir di wilayah Ciayumajakuning yang dilangsungkan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Kota Cirebon, Selasa (12/2/19).
Kegiatan sosialisasi Layanan Kepabeanan ini bertujuan untuk pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar, terhadap pelaku perusahaan Ekspor.
Kepala Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Novembriyanto Nugroho mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan Stakeholder atau pelaku eksportir di wilayah Ciayumajakuning.
“Kegiatan Sosialisasi ini kita berikan kepada pelaku Eksportir terkait layanan Kepabeanan melalui (PLB) Pusat Logistik Berikat,” katanya saat diwawancarai di gedung (KPPBC TMP).
Masih kata Novembriyanto, PLB ini adalah suatu inovasi dari pemerintah untuk lebih mendekatkan jarak logistik antara eksportir dengan lokasi muat.
“Upaya Sosialisasi dari Pemerintah ini, bertujuan untuk lebih mendorong Perekonomian (IKM) Industri Kecil Menengah dan Industri yang ada di  Indonesia, agar lebih cepat dan aman,” jelasnya.
Menurutnya, Eksportir akan lebih mudah mengekspor Produk melalui PLB, keuntungan bagi pelaku Ekspor, sudah akan dianggap melakukan Ekspor apabila sudah melalui area PLB ini. Keuntungan bagi Eksportir adalah Eksportir akan mendapatkan House (B/L) Bill Of Lading dan cepat mendapatkan (L/C)Letter Of Credit.
“Eksportir akan mendapatkan House (B/L) dan cepat mendapatkan (L/C), dalam bahasa lain adalah Rekber (Rekening Bersama). Jika barang sudah masuk PLB, importir yang di luar negri akan menerima barang tersebut, serta ada kewajiban untuk membayarkan Uang kepada Eksportir yang ada disini,” pungkasnya. (Moes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here