Alih-alih Mendapatkan Sosialisasi Tentang PSBB, Pemerintah Kota Cirebon Suruh Warganya Download Agar Tahu Apa Itu PSBB

0
41

Koran1.id, Kota Cirebon. -Pemerintah Kota Cirebon telah menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) nomor 14 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kota Cirebon pada Selasa (5/5) petang.

Peraturan Walikota tersebut, menjadi pedoman tentang pelaksanaan PSBB yang akan dilaksanakan selama 14 hari mendatang dimulai dari tanggal 6 – 19 Mei 2020.

Salah satu kewajiban Pemerintah Daerah dalam penerapan PSBB adalah sosialisasi. Namun sebagian masyarakat belum mengetahui persis tentang apa itu PSBB yang sudah akan berlaku.

Haris Irwansyah warga Kecamatan Harjamukti mengaku sudah mengetahui tentang akan diberlakukannya PSBB di Kota Cirebon, tapi dirinya belum memahami betul apa saja hal-hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam pelaksanaan PSBB.

“Sudah tahu sih dari beberapa media yang memberitakan, tapi kan masyarakat belum tahu jelas apa itu PSBB,” ujarnya.

Haris mengaku heran dengan sosialisasi yang minim dari Pemkot Cirebon, yang lebih membuat aneh, adanya baner yang diposting di medsos Humas Pemkot dan juga beberapa akun medsos masyarakat tentang PSBB. Akan tetapi, baner itu hanya menuliskan tanggal berlaku PSBB dan kemudian bagi masyarakat yang ingin mengetahui pedoman PSBB diminta agar mendownload disitus yang ditentukan.

“Nah, ini masyarakat diminta download kalau mau tau pedoman PSBB, lah bagaimana dengan orang yang belum paham teknologi, para orang tua, atau warga yang fakir kuota apa bisa download. Kalaupun bisa download, bacanya pusing atau malah ngga ngerti, karena itu kan masih berbentuk surat, apalagi jumlah halamannya banyak,” katanya.

Untuk itu Haris menyarankan kepada Pemerintah Kota Cirebon, ketimbng menyuruh warga untuk mendownload dan mengejar jumlah kunjungan di website, ada baiknya kalo sosialialisasi PSBB dibikin banner, infografis, gambar, poster atau apapun yang lebih gampang diakses dan dimengerti oleh masyarakat awam, dan kemudian disebarluaskan. (moes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here