kora1.id. Kabupaten Cirebon – Keberadaan Stockpile Batubara diwilayah Pangenan mulai dikeluhkan masyarakat sekitar. Pasalnya bukan hanya dampak dari debu yang dirasakan, tapi juga limbah air penyiraman batubara tersebut.

Dari pantauan koran1, terdapat kurang lebih ada 9 (sembilan) Stockpile batubara yang berada dikecamatan Pangenan, Sekretaris Desa Bendungan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon saat ditemui dikantor Desa Kamis (3/10/19) Umar Al-Bachri mengungkapkan, pihaknya (Pemdes Bendungan) sering mendapatkan keluhan dari warganya terkait dampak yang ditimbulkan dari batubara.

“Bukan saja debu yang kita rasakan, air sekitar kita juga sudah berubah rasa dan warna mas” ungkapnya.

Terkait kompensasi yang diberikan beberapa perusahaan batubara diwilayah bendungan, Umar menyebut hal itu tidak sebanding dengan apa yang masyarakat rasakan dari dampak batu bara tersebut.

“Kita mah minta mending ditutup saja deh, dari pada dampaknya kena ke anak cucu kita” ujarnya.

Sementara itu, menurut Anggota DPRD Kabupaten Cirebon yang berasal dari wilayah Cirebon Timur Aan Setiawan saat dihubungi via WhatsApp menegaskan, persoalan Stockpile Batubara memang sudah lama dikeluhkan oleh warga, dirinya juga menyoal tentang perijinan dari pada keberadaan stockpile ini.

“Dilihat saja ijin nya ada ngga tuh, kalau pun memang ada, nanti kita lihat amdalnya seperti apa” ungkapnya.

Lebih lanjut Aan menyampaikan, bahwa keberadaan Stockpile Batubara tidak ada kontribusi sama sekali buat PAD (Pendapatan Asli Daerah) buat Pemkab Cirebon, maka Dewan berencana akan segera meninjau Stockpile-stockpile Batubara yang ada.

“Kalau memang yang tidak ada ijinya harus segera ditutup, toh ga ada manfaatnya juga kok buat Pemerintah Kabupaten” tegasnya.

Ditempat terpisah, Ketua KSM GMBI Kecamatan Pangenan Satori saat ditemui disekretariat KSM GMBI berencana akan membut surat teguran kepada para pengusaha Batubara, dan apabila surat tersebut tidak ada tanggapan dari para pengusaha, maka pihaknya akan menggelar aksi dengan mengerahkan warga untuk menutup Stockpile Batubara yang berada diwilayah Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

“Segera mas, kita akan buat surat teguran, kalau surat itu tidak ada respon ya kita akan turun bersama warga” tandasnya. (Moes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here